Finance Tip of the Day

Kamis, 26 Juli 2012

PASUKAN RAIDER








             Batalyon Infanteri 400/Raider Kodam IV Diponegoro adalah sebuah batalyon infanteri Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang sebelumnya bernama Yonif 401/Banteng Raider. Batalyon yang sudah ada sejak 23 maret 1953 ini awalnya adalah Batalyon 454 yang sejak dulu sudah dikenal sebagai satuan elit setingkat pasukan Komando / pasukan khusus di jajaran Kodam IV Diponegoro . Batalyon 454 pada tahun 1956 mendapat perintah untuk mengikuti HUT ABRI 1965 di Jakarta , namun batalyon ini akhirnya berada di tengah simpang siur situasi sejarah Gerakan 30 september. Markas batalyon ini terletak di pinggir jalan raya Yogya-Semarang, tepatnya di daerah Srondol , Semarang.
           

                Sejarah Yonif-400 diawali dari Letkol Achmad Yani sebagai Komandan Brigade N Sub Teritorium XII dalam menumpas gerakan DI/TII di daerah operasi yang disebut sebagai daerah Gerakan BAnteng Nasional (GBN). Pada tanggal 12 mei 1952 dibentuk satuan kecil dengan tugas menyerang langsung untuk memukul dengan jitu dan menentukan dalam pertempuran terhadapan DI/TII sebagai lawan, serta mengiringi gerak pasukan lain dalam operasi.

Organisasi pasukan

Pada awalnya dilatih sebanyak 2 kompi yaitu:
  1. Kompi Banteng Raiders I (Kompi BR I) dengan Komandan Kompi Kapten Pujadi . Anggotanya diambil dari Yonif 401/Rajawali  pimpinan Kapten Inf Oemar Said
  2. Kompi Banteng Raiders II (Kompi BR II), dengan Komandan Kompi Kapten Yasir Hadibroto Anggotanya diambil dari Yonif 402/Banteng Loreng pimpinan Kapten Soerono. Anggota diambilkan masing-masing dari tiap kompi sebanyak 1 peleton .
Kompi BR I dan Kompi BR II dilatih di BTC atau Battle Training Centre di Bandungan Sumowono selama 6 bulan. Setelah itu diujicoba dalam pertempuran menumpas DI/TII.
Pada tanggal 2 agustus 1952 dibentuk lagi sebanyak 2 kompi, yaitu:
  1. Kompi Banteng Raiders III (Kompi BR III) dengan Komandan Kompi Kapten Soegiyono
  2. Anggotanya diambil dari Yonif 403/Pendowo  pimpinan Mayor soedarno .
  3. Kompi Banteng Raiders IV (Kompi BR IV) dengan Komandan Kompi Kapten  Idris Anggotanya diambil dari Yonif pimpinan Kapten Prawoto .
Kemudian setelah ada 4 kompi BR tersebut di atas diadakan lagi penambahan:
  1. Kompi Banteng Raiders V (Kompi BR V) dengan Komandan Kompi Letnan Satu Ali Murtopo
  2. Kompi Staff/Markas dengan anggota dari Yonif - 405, Yonif - 406 Yonif - 407 1953.
Maka lengkap terbentuk 5 Kompi Senapan dan 1 Kompi Markas. Pada tanggal 25 februari 1953, batalyon diresmikan dengan nama Batalyon-431/Banteng Raiders di Balaikota Tegaloleh Dan Meninf Sub Teritorium XII Letkol inf Acmad Yani .

Kemampuan Dakibu pasukan 400 raider




 Salah satu serangan cepat pasukan Raider 400 terhadap sebuah bus yang diperanggapkan sebagai sasaran 



Kemampuan PJD ( Pertempuran Jarak Dekat ) Pasukan Yonif 400 Raider



Sekian dulu dari saya terima kasih sudah membaca artikel , nanti akan saya lanjutkan postingan selanjutnya thanks 4 U attention ..... "BANTENG RAIDER "




SiGN@l CorPs_400/R



 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar